Siapakah Yesus Almasih itu?

Yesus di Dalam Qur’an

Di dalam Qur’an, Yesus diidentifikasikan sebagai Isa al-Masih. Namun demikian, harus diperhatikan bahwa nama Arab Isa tidak mempunyai kesamaan arti seperti yang dimiliki oleh nama Yesus, yang adalah versi Yunani dari nama Ibrani Joshua atau Jehoshuah yang berarti “Yahweh menyelamatkan.” Secara etimologis, Isa nampaknya lebih dekat dengan Esau. Nama Isa tidak dapat ditemukan dalam terjemahan Alkitab bahasa Arab sebab nama Yesus telah diterjemahkan secara tepat ke dalam bahasa Arab dengan Yasua. Maka, Alkitab bahasa Arab memberikan suatu kesaksian yang jelas mengenai misi Yesus Kristus sebagai “Juruselamat” dalam bahasa Arab.
Gelar-gelar Yesus Di Dalam Qur’an
Qur’an memberikan nama-nama dan gelar-gelar berikut ini kepada Yesus.

1. Al-Masih – “Mesias” (Surah 3:45)
Hanya Yesus Kristus yang diberikan gelar ini di dalam Qur’an. Ada sekitar 25 nabi disebut dalam Quran, tetapi hanya Yesus yang pantas dengan gelar yang mulia ini – Al-Masih.
Al-Masih berarti “yang diurapi” dan ini sama artinya dengan Mesias dalam bahasa Ibrani dan Kristos (Kristus) dalam bahasa Yunani. Nabi-nabi seperti Daud (Dawud) dan Salomo (Sulaiman) juga telah diurapi, tetapi mereka tidak menerima gelar al-Masih. Minyak yang dipergunakan untuk mengurapi mereka diperoleh di Yerusalem, tetapi Yesus diurapi dari surga.
2. Kalimatuhu – “Firman-Nya” Surah 4:171
Yang dimaksud oleh Quran adalah menunjuk Yesus sebagai Firman Tuhan, Kalimat Tuhan, atau Kalimatu’llah.
Gelar ini telah menjadi suatu point perdebatan yang kuat diantara komunitas Muslim, bagaimana menerapkan pengertian yang tepat mengenai kata Kalimat. Para penterjemah Qur’an ke dalam bahasa Inggris saling berbeda pendapat apakah akan menterjemahkan Kalimat sebagai “firman” dengan huruf “f” kecil atau “Firman” dengan huruf “F” besar. Seluruh dunia belum menerima suatu fatwa (suatu keputusan keagamaan atau hukum) mengenai hal tersebut.
Sudah diketahui bahwa penerjemahan dari, “firman” atau “Firman” mengandung perbedaan arti. Sedangkan Alkitab tanpa malu menunjuk pada Yesus sebagai “Sang Firman” (Yohanes 1:1f). Umat Muslim menolak pengajaran dalam bagian ini. Oleh karena itu, para penterjemah Quran cenderung menurunkan peran Yesus yaitu hanya sebagai “suatu kalimat.”
3. Ruhu-minhu – “suatu Roh dari Dia” (Surah 4:171; 21:91)
Maksudnya, Yesus ditunjukkan sebagai suatu Roh dari Tuhan (Ruhu-mina -llah). Tuhan mengatakan Yesus sebagai “Roh Kami”. Apakah ini Roh Tuhan? Biarlah umat Muslim menjawab pertanyaan ini dengan sungguh-sungguh.
Dalam perbandingan dengan nabi-nabi yang lain, kami melihat bagaimana Allah melihat:
Adam sebagai Safiyu’llah – pilihan Allah;
Nuh sebagai Nabiyu’llah – pengkhotbah Allah;
Abraham sebagai Khalilu’llah – sahabat Allah;
Musa sebagai Kalimu’llah – ramah dengan Allah;
Muhammad sebagai Rasulu’llah – utusan dari Allah;
Tetapi hanya Yesus sebagai Ruhu’llah – Roh Allah.
Dalam Islam, Allah tidak dapat disamakan dengan siapapun, Surah 112:4. Dia jauh lebih tinggi daripada para nabi, sebagaimana jelas ditunjukkan dalam penghormatan dari gelar-gelar mereka. Ada suatu pemisahan yang jelas dari keberadaan Allah ketika gelar-gelar tersebut secara hati-hati dianalisa. Bagaimanapun juga, ketika hal tersebut ditujukan pada Yesus, pemisahan tersebut dihilangkan, dan sebagai “Roh-Nya,” dia dibawa sangat dekat kepada keberadaan Allah.
Apakah kita tidak mengenali bahwa dengan mengidentifikasikan Yesus begitu dekat dengan DiriNya sendiri, Allah menyatakan ketuhanan Yesus Kristus, dimana umat Muslim sangat bernafsu menolaknya? Umat Muslim telah berusaha keras menurunkan Yesus pada tingkat yang sama dengan nabi-nabi lain, dengan mengecualikan Muhammad yang mereka anggap sebagai nabi yang terbesar.
4. Wajihan Fi’dunya wa’lakhirah – “Seorang terkemuka di dunia dan di akhirat” (Surah 3:45, Pickthall).
Gelar ini adalah yang telah Quran perlihatkan kepada kita mengenai Yesus Kristus. Akan tetapi, ini bukan pewahyuan yang baru untuk umat Kristen karena kebenaran yang sama juga terkandung di dalam Alkitab. Sungguh, umat Kristen telah mengetahui kebenaran tentang Yesus ini jauh sebelum kelahiran Muhammad.
Waraqa Ibn Naufal, seseorang tempat Muhammad berkonsultasi, yaitu setelah dia (Muhammad) mulai menerima pesan-pesan supranatural, adalah seorang biarawan Kristen. Dia pasti telah mengetahui dan membaca dari Alkitab bahwa Yesus duduk di sebelah kanan Tuhan:
Efesus 1:20-21
“..yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, 21 jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang..
Mengambil isi dari Quran sendiri, tidak seorangpun dari para nabi yang tersebut di dalamnya dapat dibandingkan dengan Yesus sejauh dikaitkan dengan kedudukan surgawi-Nya.
Yesus secara jelas menyatakan asal-usul kesurgawiannya di dalam Injil:
Yohanes 6:62
“Dan bagaimana jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat dimana Ia sebelumnya berada?”
Yohanes 8:23, 58
“Kamu berasal dari bawah; Aku dari atas. Kamu dari dunia ini; Aku bukan dari dunia ini.” …“Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu,” sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada”!”
Apabila kita mempertimbangkan pendapat dari seorang sarjana Muslim, kita melihat bahwa ketika Hammudah Abdalaati menulis bukunya “Islam in Focus,” dia menghilangkan berbagai pendapat umat Muslim tentang penyaliban, kematian dan kenaikan Yesus sebagai hal yang kecil pada keimanan Islam. Bagi dia, apa yang penting dan mengikat pada umat Muslim adalah apa yang Allah telah nyatakan. Jadi, sejauh mana dia dikaitkan, kerumitan pada isu ini dapat diselesaikan oleh wahyu yang diberikan kepada Muhammad bahwa Yesus tidak disalibkan (Surah 4:157) tetapi:
Surah 4:158
Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
Di lain pihak, anehnya, Hammudah Abdalaati, bagi seseorang yang hanya mengambil dari apa yang Qur’an katakan, kelahiran Yesus dari seorang perawan diperlakukan dengan remeh, dibandingkan dengan tokoh-tokoh mitologi seperti Bacchus, Apollo, Adonis dan Horus dimana dikatakan sebagai dewa yang lahir dari seorang perawan. Walau demikian, kita dapat bertanya, Di bagian manakah dalam Qur’an yang menyatakan bahwa dewa-dewa tersebut lahir melalui seorang perawan? Berlawanan dengan, cerita tentang pemberitahuan oleh malaikat mengenai kelahiran Yesus kepada Maria di dalam Qur’an yang jelas menunjukkan bahwa Maria adalah seorang perawan suci dan bahwa Tuhan sendirilah yang campur tangan untuk memampukannya mengandung sebagai perawan. (Surah 3:45-47; 19:16-22).
Faktanya, cerita yang sama ini telah dicatat di zamannya Lukas jauh sebelum kelahiran Muhammad. Walau demikian, Umat Muslim telah menghilangkan cerita Lukas di tempat tersebut sebagai desas-desus bahwa Lukas bukan merupakan salah satu dari para rasul yang ditunjuk oleh Yesus Kristus. Meskipun demikian, sejak desas-desus itu dinyatakan telah diubah menjadi wahyu dari Allah kepada Muhammad, hal tersebut membawa kita untuk menanggapinya dengan serius. Tanpa ada keraguan, Qur’an menghasilkan kesaksian tentang kelahiran Yesus Kristus dari seorang perawan, yang berlawanan dengan kelahiran Muhammad (Surah 21:91).
Di sisi lain, Qur’an secara penuh menolak pengajaran Kristen mengenai Trinitas, tetapi di waktu yang sama salah menyatakannya sebagai “Bapa, Putera dan Ibu,”, yang berlawanan dengan konsep “Bapa, Putera dan Roh Kudus” yang diberikan oleh Yesus dalam Matius 28:19.
Surah 5:116
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam! Adakah kamu mengatakan kepada manusia: “jadikanlah aku (Isa, sebagai Putera) dan ibuku (Maryam, sebagai Ibu) dua orang tuhan selain Allah?” Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakan). Jika aku pernah mengatakannya bahwa tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib.”
Umat Muslim dengan cepat menunjukkan bahwa kata “Trinitas” tidak dapat ditemukan di dalam Alkitab dan sepertinya, hal tersebut menunjukkan bahwa mereka telah lupa bahwa demikian juga kata “Tauhid” (“keesaan” dari Tuhan), dimana merupakan pasal pertama dari keimanan Islam, tidak ditemukan di dalam Qur’an. Meski demikian, sama halnya dengan Alkitab dan Qur’an membuat pernyataan-pernyataan menegaskan kepada Tauhid, demikian juga Alkitab membuat pernyataan-pernyataan yang jelas yang menegaskan kepada kebenaran bahwa Tuhan, meskipun satu, menyatakan diriNya sendiri dalam tiga pribadi (Trinitas). Kebenaran ini masuk akal dan dapat diterima oleh setiap orang yang melihat Yesus lebih tinggi diatas semua manusia.
Sulit bagi umat Muslim untuk memahami keajaiban tentang Tuhan, sebab Muhammad tidak mengajarkan dengan jelas kepada mereka, seperti juga Waraqa Ibn Nauful, orang yang dia ajak berkonsultasi mengenai Kekristenan.
Mujizat Yesus
Qur’an menyatakan bahwa Yesus mampu melakukan mujizat-mujizat:
Surah 3:49, (cf 5:113)
Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israel (yang berkata kepada mereka) “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mujizat) dari Tuhanmu yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung, kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orangbuta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit kusta: dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah ; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.”
Mujizat No.1: Yesus Kristus menciptakan burung yang hidup dari tanah liat
Mujizat No.2: Yesus Kristus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir
Mujizat No.3: Yesus Kristus menyembuhkan orang yang sakit kusta
Mujizat No.4: Yesus Kristus menghidupkan orang mati
Meskipun mujizat menciptakan burung yang hidup dari tanah liat tidak dapat ditemukan di dalam Alkitab, rincian dari penyembuhan terhadap orang yang buta dan sakit kusta dan membangkitkan orang mati dapat ditemukan, (sebagai contoh: Matius 11:5; Yohanes 9:1-7; Markus 1:40-42; Lukas 7:12-15). Sebagai tambahan, Surah 3:49 menyatakan bahwa Yesus memiliki pengetahuan supranatural sebagaimana yang Alkitab juga nyatakan (Yohanes 1:47-48).
Bahwa Yesus menciptakan burung, sebagaimana yang Qur’an telah nyatakan, harus dipertimbangkan sebagai mujizat yang besar. Walau demikian, umat Muslim terbagi apakah akan menerimanya sebagai kebenaran atau sebagai metafora; atau apakah menganggapnya sebagai kebohongan. Dasar bantahan dari Ahmadis adalah meneranginya dalam semangat ini. Mereka membantah bahwa hal tersebut adalah metafora berdasarkan bahwa mujizat tersebut tidak disebutkan di dalam Alkitab. Dimana, apabila Yesus sungguh telah menciptakan burung, tidak ada alasan mengapa Alkitab telah gagal menyebutkannya, terutama karena penciptaan seekor burung adalah suatu mujizat yang belum pernah ditunjukkan oleh nabi–nabi Tuhan sebelumnya. Sungguh, penyebutan mujizat semacam itu tentunya akan menguatkan kemuliaannya yang besar diantara para nabi lainnya dan akan memberikan beberapa dukungan terhadap klaim ketuhanan, dimana mereka membantah bahwa hal itu telah disisipkan oleh para pengikutnya.
Dari argumentasi mereka kita dapat menetapkan beberapa poin berikut ini:
Tidak disebutkan mujizat itu dalam Alkitab, namun tidak ada alasan untuk menghilangkannya.
Penciptaan burung adalah unik dan mulia.
Tidak ada nabi Tuhan lainnya yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan sesuatu.
Mujizat menguatkan kelebihan Yesus melebihi para nabi lainnya.
Kita akan mempelajari pengertian yang lengkap dari pandangan-pandangan tersebut dalam bagian selanjutnya.
Apakah Yesus Adalah Tuhan?
Sebagaimana yang telah kita lihat dalam bagian sebelumnya, gelar-gelar dan mujizat-mujizat Yesus yang dinyatakan dalam Qur’an mendukung klaim Alkitab bahwa Yesus adalah Tuhan (Roma 9:5, 1 Yohanes 5:20). Bilamana pembaca masih ragu, kami akan melanjutkan dengan memeriksa bukti dari klaim ini dengan lebih teliti.
Hanya Tuhan Yang Dapat Menciptakan
Surah 10:34
Katakanlah: “Apakah di antara sekutu-sekutumu ada yang dapat memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali?” katakanlah: “Allah-lah yang memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali; maka bagaimanakah kamu dipalingkan (kepada menyembah yang selain Allah)?”
Ayat di atas dari Qur’an mengindikasikan bahwa tuhan-tuhan palsu tidak dapat menciptakan. Kemampuan untuk menciptakan adalah melekat pada Allah saja. Dalam Qur’an, tindakan penciptaan -khalq tidak pernah dilekatkan pada makhluk lain atau para sesuatu yang lain, selain Allah.
Surah 13:16
Katakanlah: “Siapakah Tuhan langit dan bumi?”Jawabnya: “Allah”. Katakanlah: “Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak (pula) kemudaratan bagi diri mereka sendiri?” Katakanlah: “Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah: “Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa.”
Surah 31:11
Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan(mu) selain Allah?
Umat Muslim menemui kesulitan dan mustahil untuk menerima ketuhanan Yesus Kristus sebagaimana yang Alkitab nyatakan. Hal ini dikarenakan, keunggulan tersebut berlawanan dengan Qur’an yang tidak dengan spesifik menyatakan ketuhanan dari Kristus. Lebih lanjut, Qur’an mengutuk berhubungan dengan sekutu-sekutu atau makhluk lain atau sesuatu, dan menganggapnya Tuhan sebagai “Shirik”, dimana hal itu dianggap sebagai dosa terbesar di dalam Islam.
Sekalipun demikian, ketika kita memeriksa Qur’an dengan kritis dan dengan pikiran terbuka, kita dapat melihat bahwa Qur’an pun menyatakan ketuhanan Yesus. Walau demikian, benar untuk mengatakan bahwa kebenaran tersebut pada bagian-bagian yang lain ditolak.
Mari kita melakukan studi lebih lanjut dari mujizat yang dinyatakan dalam Qur’an (Surah 3:49; 5:113 –lihat halaman 115) ketika Yesus menciptakan burung-burung.
Ini adalah mujizat yang tidak pernah dilakukan/diperlihatkan oleh para nabi Allah sebelumnya. Daripada mempertimbangkan lebih jauh mujizat ini, banyak orang telah menjelaskan dengan mengatakan bahwa Allah-lah yang memberi Yesus pertolongan untuk melakukannya. Walau demikan, tetap ada pertanyaan, mengapa diberikan kepada Yesus dan tidak pada nabi lainnya?
Kita akan datang untuk memahami keunikan mujizat ini lebih baik dengan mengingatkan diri kita sendiri bahwa dosa terbesar dalam Islam adalah “Shirik”. Karena Qur’an (Surah 112:4) menekankan bahwa …tidak ada seorangpun yang seperti Dia. Kita masih perlu mengingatkan diri kita bahwa Qur’an yang sama menggambarkan Yesus sebagai Roh dari Allah (Ruh-mina-llah) dan Allah mengatakan Yesus sebagai bagian “dari Roh Kami”(lihat halaman 110-111).
Kita tidak dapat menghindari pertanyaan: Apakah ini Roh Tuhan? Mohon menjawab dengan tegas! Sebagaimana yang telah kita lihat, dari semua para nabi, Allah hanya melihat Yesus Kristus sebagai Ruhu’llah – “Roh dari Allah.” Apakah anda tidak dapat melihat keunggulan Yesus? Karena Yesus adalah “Roh dari Allah” kita tidak perlu terkejut atau merasa tidak nyaman jika dia mengulangi penciptaan. Sebagaimana Qur’an tekankan, bahwa tuhan-tuhan palsu tidak mampu berkekuatan seperti itu.
Surah 22:73
Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah!
Sebagaimana telah kita, Ahmadis telah memberikan pertanyaan: “Jika Yesus sungguh telah menciptakan burung-burung mengapa hal tersebut tidak disebutkan di dalam Alkitab?” Di tempat ini mereka menolak mujizat sebagai kiasan. Secara mengejutkan, orang-orang yang sama menyokong fakta bahwa mujizat tersebut akan menguatkan keunggulan Yesus melebihi para nabi lainnya. Puji Tuhan!
Kita harus berpikir jernih dan rendah hati menerima kebenaran bahwa Yesus telah menciptakan burung-burung, suatu perbuatan yang hanya dapat dilakukan oleh Tuhan. Hal ini membuktikan ketuhanan dari Yesus Kristus yang tak terbantahkan. Fakta bahwa mujizat dari Yesus tidak disebutkan dalam Alkitab tidak dapat membatalkan ketuhanannya. Bahkan, Rasul Yohanes memberitahu kita:
Yohanes 21:25
Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.
Yohanes 20:30-31
Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahw Yesuslah Mesias, Anak Tuhan, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
Sungguh, bagi siapa yang rindu untuk melihat, Alkitab akan menyatakannya, bukan hanya perbuatan Yesus menciptakan burung-burung, tetapi bahwa Dia bertanggung jawab atas semua!
Kolose 1:16
Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di surga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia
Yohanes 1:1-3
Pada mulanya adalah Firman; firman itu bersama-sama dengan Tuhan dan Firman itu adalah Tuhan. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Tuhan. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
Apabila kita meminta bukti lebih lanjut dari ketuhanan Yesus, kita harus mengakui bahwa kematianpun tidak dapat menahannya sebagaimana dapat menahan manusia lain. Lebih jauh lagi, Qur’an menyatakan bahwa Yesus adalah suci:
Surah19:19
Ia (Jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci.”
Siapakah, selain dari Tuhan yang suci?
Akhirnya, kita tahu bahwa Setan dapat mengingatkan semua nabi atas dosa mereka, dimana dengan pengecualian Yesus, Ruhu’llah –Roh dari Tuhan, sebagai roh dari Tuhan tidak dapat dan tidak berdosa..
Sebagai kesimpulan, Yesus, Yang Suci tidak berdosa, yang adalah Roh Tuhan dan yang menciptakan burung-burung, suatu perbuatan yang melekat hanya pada Tuhan, pastilah Tuhan. Apakah anda masih meragukan ketuhanannya?
Yesus – Satu-satunya yang layak menjadi Juruselamat
Cerita besar mengenai keselamatan dan kebutuhan akan petunjuk dapat ditemukan kembali melalui Alkitab dan Qur’an pada penciptaan manusia. Sungguh, kita boleh beralasan bahwa cerita mengenai manusia dan cerita mengenai keselamata adalah satu dan sama. Mari kita mengikuti cerita yang dinarasikan oleh Alkitab dan Qur’an.
1. Tuhan menciptakan umat manusia
Tuhan menciptakan manusia dan memberikan kepadanya kehidupan, kebijaksanaan, pengetahuan dan kekuasaan –
Kejadian 2:7
“Ketika itu Yahweh Elohim membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup”
Surah 32:7, 9
Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah.
Kemudian Dia menyempurnakannya dan meniupkan ke dalam (tubuh)nya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur!
2. Tuhan menyediakan kebutuhan umat manusia
Tuhan menempatkan manusia di dalam suatu taman yang cukup dan menyediakan semua yang dia butuhkan. Semua yang Tuhan berikan kepadanya adalah baik
Kejadian 2:16-17
“Lalu Yahweh Elohim memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati”.
Surah 2:35 (cf 7:19)
“Dan Kami berfirman; “Hai Adam diamilah oleh kamu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang lalim”
3. Tuhan meminta ketaatan
Tuhan menyatakan kehendak-Nya kepada manusia supaya manusia tidak tinggal dalam ketidaktahuan. (lihat Kejadian 2:17 Surah 2:35 di atas).
4. Setan bersumpah akan membalas dendam
Surah 7:16-17
Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).”
5. Setan memasuki Taman
Satan mencoba muslihatnya pada manusia dan berhasil menipu mereka.
Kejadian 3:1-10
“Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh Yahweh Elohim. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Tuhan berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?” 2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: “Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, 3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Tuhan berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.” 4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati, 5 tetapi Tuhan mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Tuhan, tahu tentang yang baik dan yang jahat.” 6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. 7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat. 8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah Yahweh Elohim, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap Yahweh Elohim di antara pohon-pohonan dalam taman. 9 Tetapi Yahweh Elohim memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?” 10 Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”.”
Surah 7:20-22 (cf 2:36)
Maka Satan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan setan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga)”. Dan dia (setan) bersumpah kepada keduanya “Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasihat kepada kamu berdua”. Maka setan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah katu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu “Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?”
6. Manusia tidak mentaati Tuhan
Adam dan Hawa mempercayai nasihat Setan dan mendengarkan dia lebih daripada kepada Tuhan. Ketidaktaatan kepada Tuhan adalah dosa dan mereka menjadi berdosa karena memilih melakukan jalan mereka sendiri.
Kejadian 3:6
“Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.
Kejadian 3:11
Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”
7. Manusia terpisah dari Tuhan
Tuhan membenci dosa dan oleh karena itu dosa memisahkan manusia dari Tuhan.
Kejadian 3:23
Lalu Yahweh Elohim mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
Surah 7:24
Allah berfirman: “Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan.”
Yesaya 59:1-2
“Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; 2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Tuhanmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.
Surah 2:38
“Kami berfirman: “Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”
8. Upah dari dosa
Menjadi jauh dari hadirat Tuhan adalah kematian rohani dan juga kematian jasmani memasuki dunia disebabkan dosa. Semua keluarga Adam telah berbuat dosa dan semua yang berdosa dibawah penghakiman yang sama atas diri mereka.
Roma 3:23
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Tuhan.
Roma 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Tuhan ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
Surah 16:61 (cf 35:45)
“Jika Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumisesuatupun dari makhluk yang melata, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktu (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukannya”.
Hadith:
Anaaso Kuluhum, banuu Adama
Wa Aadamo min turaabin.
Adam yang pertama jatuh melalui ketidaktaatannya, dia gagal untuk menegakkan Islam-nya (ketundukkan kepada Tuhan). Adam seharusnya menjadi teladan untuk menuntun ketaatan kita kepada Tuhan.
9. Tuhan mengirim para nabi
Mereka seharusnya hidup di atas dosa, menegakkan Islam yang murni sehingga mereka mampu membimbing orang-orang kepada Tuhan.
Surah 7:35
“Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul daripada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku, maka barangsiapa yang bertakwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”
Semua nabi-nabi adalah keturunan Adam dan mereka semua jatuh ke dalam dosa:
Adam jatuh dalam dosa Surah 7 :23
Nuh jatuh dalam dosa Surah 11 :47
Musa jatuh dalam dosa Surah 28 :16
Daud jatuh dalam dosa Surah 38 :24
Solomo jatuh dalam dosa Surah 38 :35
Muhammad jatuh dalam dosa Surah 48 :2
10. Tuhan mengirim Penuntun untuk menyelamatkan umat manusia
Surah 2:38
“Kami berfirman: “Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”
Penuntun ini seharusnya berbeda, tidak boleh gagal seperti nabi-nabi sebelumnya. Kali ini Tuhan mengirim FirmanNya.
Surah 3:39
“Kemudian malaikat (Jibril) memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan salat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh.”
Firman tersebut adalah Yesus Kristus.
Surah 3:45
“Ingatlah ketika malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) dari pada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).”
11. Sang Firman datang untuk berhadapan dengan dosa
Yohanes 1:29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak Domba Tuhan, yang menghapus dosa dunia.
 
Setan tidak mampu menipu Yesus atau menyebabkannya berdosa.
Matius 4:4-11
Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Tuhan.” 5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Tuhan 6 lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Tuhan, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.” 7 Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Yahweh, Tuhanmu!” 8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, 9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.” 10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Yahweh, Tuhanmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” 11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.”
Yesus tetap suci dan tak berdosa
Surah 19:19
“Ia (Jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”
Ibrani 4:15
…Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
Karena Yesus tidak memiliki beban dosa, maka Dia layak untuk menolong yang lain
Surah 35:18
“Dan orang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul dosanya itu tiadalah akan dipikulnya untuknya sedikitpun meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Seseungguhnya yang dapat kamu beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada azab Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka mendirikan sembahyang. Dan barang siapa yang menyucikan dirinya, sesungguhnya ia menyucikan diri untuk kebaikkan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah kembali(mu).”
Oleh karena Dia, memanggil barang siapa yang berbeban untuk datang kepadanya.
Matius 11:28
“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
Dia adalah jalan kepada Tuhan
Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Dia adalah pintu yang melaluinya domba dapat memasuki kawanan.
Yohanes 10:7
Maka kata Yesus sekali lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.
Dialah satu-satunya yang layak untuk menjadi Penyelamat kita dan oleh karena itu, dialah satu-satunya orang yang layak untuk menghakimi.
Dunia menunggunya untuk penghakiman.
Surah 43:61
“Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutlah Aku. Inilah jalan yang lurus.”

About siapmurtad

Siap memaparkan kesalahan alquran
This entry was posted in YESUS KRISTUS and tagged , , , . Bookmark the permalink.

88 Responses to Siapakah Yesus Almasih itu?

  1. anadzat says:

    Yesus atau Jesus berasal dari nama Jezeus anak Dewa / Tuhan pagan Romawi..!!!
    Trinitas konsep Yunani., yaitu Tuhan bisa beranak pinak.. walaupun anak haram sekalipun..!!!
    @ Menurut kajian Kristen (LAI) Lembaga Ahli Kitab Indonesia.. LAI pake istilah Arab Yahudi yaitu lafal ALLAH = YHWH ITU YESUS YANG MENJELMA DI DALAM DAGING MANUSIA..!!!
    Sedemikian itu.. Berarti termasuk Daging Kontol dan Daging Memek Manusia..!!! Jadi lebih jelas yaitu YESUS ADALAH KONTOL & MEMEK NYA MANUSIA..!!! Demikian itu.. BAYI BERDASARKAN DESAKAN.. Iyo kan..!!! 😁

    • Muhamit says:

      Hahaha itulah islam dengan kebodohan keledai turunan anak haram/pembantu yg selalu syirik.yang ada kontol si memet nabi lu yg liar hahahaha

      • anadzat says:

        HEHE HEHE.. YANG BERKATA KEBODOHAN KELEDAI ITU SIAPA YANG MENGATAKAN YESUS ITU MENJELMA DI DALAM DAGING MANUSIA., ITU KRISTEN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA YANG MENGATAKAN BEGITU DAN BUKAN ISLAM.. LOL..!!!

      • Ex budak arab says:

        Maklum pikiran muslim adalah sama seperti pikiran nabinya hanya sex dan ngentot saja ,..nabi bejat kok diikuti ya ikutan bejat otaknya

    • kasih says:

      Jng marah kalau kebohongan kitabmu dibuka…harusnya kau bertanya siapa sebenarnya nabi isa itu dlm alquranmu knp bs sejajjar dng allah swt…kenapa bkn pak muhamad yg diberikan kelebihan.

      • anadzat says:

        ISLAM MENURUT AL QUR’AN TIDAK MENGENAL YESUS KRISTUS TUHANTU PAGAN ROMAWI..! ISLAM MENURUT AL QUR’AN MENGETAHUI ISA A.S., SEBAGAI UTUSAN ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA UNTUK MENYAMPAIKAN AJARAN TAUHID DAN KEPERIMANUSIAAN NYA..! OLEH DEMIKIAN ITU ISA A.S., BUKAN YESUS KRISTUS TUHANTU YANG MATI DI TIANG SALIB..! TRINITAS KONSEP YUNANI, DAN BUKAN KONSEP TAUHID BANI ISRAEL MONOTHEISME..!

      • anadzat says:

        AL QUR’AN MEMBERITAKAN KEJADIAN MANUSIA PERTAMA BERNAMA ADAM DI CIPTAKAN TANPA IBU DAN BAPA..?!? AL QUR’AN JUGA MEMBERITAKAN KEJADIAN ISA ANAK MARYAM, TANPA BAPA..?!?
        ADAKAH ADAM DAN ISA ITU ANAK TUHAN..???

    • Jalu says:

      Ternyata islam punya 2 kitab yg dipercayai dan diimani muslim ya, yaitu quran dan kitab barnabas.
      He he he….

    • Fm says:

      😂😂😂😂

    • Eric erdo says:

      Yang jelas “I AM WHO I AM, I WILL BE WHAT I WILL BE” terjemahan Amplyfied Bible, zondervan publishing. Dengan demikian Allah (YAHWEH) mendeklarasikan siapa diri Nya. Dalam QURAN tidakditemukan kalimat semacam itu. Berarti Allah (YAHWEH) itu benarbenar menggenapi deklarasi Nya, dan (Yohanes.1:14) “FIRMAN itutelah menjadi MANUSIA (YESUS) . Pandangan kalian itu melenceng jauh dari tafsir kalian sendiri. Kalian percaya Allah MAHAKUASA, MAHAHADIR, dlsbgnya. Tetapi menyangkal Nya dengan menuduh dan berkata yang tidak briliant. Ha ha ha…….

    • Melisa says:

      Cakap bagus sikitlah

  2. anadzat says:

    UNTUK SEMUA.. 👷👳👲💂👶👦👧👨👩👴👵👱🎅👸👼👺🙈🙉💏👎👌👊✊✌✋☝👆👇👉👈👐
    BUKALAH TOPENG YANG MENUTUP HATIMU YANG BOPENG 👹👺
    JAUHILAH DARI PAHAMAN ORANG ORANG YANG BODOH, YANG SUKA MEMBODOHI ORANG ORANG YANG BODOH 😰
    SADARILAH.. KESEMUA ORANG MENGAGUNG KAN APA YANG IA PERCAYAI NYA. TUHAN NYA APA YANG IA CIPTA YAKINI SENDIRI. MEMUJANYA BERARTI MEMUJA DIRINYA SENDIRI. MALAHAN IA SANGGUP MENYALAHI KEYAKINAN ORANG LAIN, YANG TAK SEHARUSNYA IA LAKUKAN, SEANDAINYA IA BERSIKAP ADIL. TAPI KEBENCIAAN NYA BERDASARKAN KEBODOHAN 😷

    • Eric erdo says:

      Apapun yang dikatakan QURAN tentang Allah, Yesus, Mikael, Gabriel, selama itu ada pada TEKS Alquran, walau diakui oleh pakar apapun, “SAYA TIDAK MEMPERCAYAINYA” (maaf) karena QUR’AN hanyalah SADURAN, yang diaplikasikan menurut budaya sang Nabi. Bahkan menambahkan, mengkaitkan, kitab kitab Torah, Mazmur, dan Injil, Tetapi kemudian menolak dan tidak percaya. Itu urusan kalian….iya..tohh..? Sebab Allah itu (YAHWEH) tidak ada yang lain, dan kitab Nya pun SATU ,tidak ada yang lain. Dan kitab itulah….ALKITAB…THE BIBLE….Oleh..bro..and sist..!

      • Charly says:

        mantap bro Eric erdo.. setujuuu

      • Albana says:

        Kitab nya satu namun bisa berubah2
        Sesuai kesepakatan perjanjian manusia biasa.
        Al-qur’an tidak berubah dari zaman ke zaman karna yang menjaga adalah allah swt yang menjaga adalah tuhan yang berarti kitab al-qur’an konsisten dan tidak mungkin menyampaikan kesalahan. Lalu kalo kitab bisa berubah2 sesuai perjanjian (perjanjian lama dan baru) dari manusia biasa apakah kitab tersebut mengalami kesalahan? Bagaimana mungkin firman-firman tuhan bisa mengalami kesalahan?

  3. anadzat says:

    JAUHILAH SIFAT KEBENCIAN ANTAR SESAMA MANUSIA, YANG MENGAKIBATKAN TIMBUL NYA VIRUS TERRORISME YANG MENZALIMI DIRI SENDIRI & JUGA TERHADAP DIRI ORANG LAIN YANG TIDAK BERSALAH, SERTA LINGKUNGAN NYA..!!! KITA SEMUA MANUSIA HARUS MANUSIAWI ATAU HUMANIESME..!!!
    JAUHILAH DARI KEBODOHAN YANG SUKA MENGKEJI & MENZALIMI DIRINYA SENDIRI..!!!

  4. anadzat says:

    HINDARILAH KEBENCIAN VIRUS TERRORIESME YANG DATANG SILIH BERGANTI., UNTUK MEMUSNAHKAN KEHIDUPAN BAHAGIA ANTAR SESAMA MANUSIA DI DALAM DUNIA INI..!!!
    _/\_ SIFAT MANUSIA ITU MANUSIAWI., DAN BUKAN SIFAT SETANI ATAU HEWANI..!!!

    • Anonymous says:

      Suatu hari kamu akan mengingat kalimatmu ini pda saat ajalmu tiba !!!

    • Jalu says:

      @anadzat
      HINDARILAH KEBENCIAN VIRUS TERRORIESME YANG DATANG SILIH BERGANTI., UNTUK MEMUSNAHKAN KEHIDUPAN BAHAGIA ANTAR SESAMA MANUSIA DI DALAM DUNIA INI..!!!
      _/\_ SIFAT MANUSIA ITU MANUSIAWI., DAN BUKAN SIFAT SETANI ATAU HEWANI..!!!
      ============

      Dari Adullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

      لاَ يَحِلُّ دَمُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ، يَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ، إِلَّا بِإِحْدَى ثَلاَثٍ: النَّفْسُ بِالنَّفْسِ، وَالثَّيِّبُ الزَّانِي، وَالمَارِقُ مِنَ الدِّينِ التَّارِكُ لِلْجَمَاعَةِ

      ”Tidak halal darah seorang muslim yang bersaksi laa ilaaha illallah dan bahwa aku utusan Allah, kecuali karena tiga hal: nyawa dibalas nyawa, orang yang berzina setelah menikah, dan orang yang meninggalkan agamanya, memisahkan diri dari jamaah kaum muslimin.” (HR. Bukhari 6878, Muslim 1676, Nasai 4016, dan yang lainnya).

      Dalam hadis lain, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

      مَنْ بَدَّلَ دِينَهُ فَاقْتُلُوهُ

      ”Siapa yang mengganti agamanya, bunuhlah dia.” (HR. Bukhari 3017, Nasai 4059, dan yang lainnya).
      ————
      Semoga perkataan anadzat tidak berkaca dari hadits2 tsb.
      Semoga anadzat bisa menjadi manusiawi [[penuh kasih]] dan bukan setani atau hewani !!

      • anadzat says:

        @ JALU LAGI NGIGAU DALAM LAGU MIMPI SEDIH..! SIAPA YANG ANTI AL QUR’AN DAN MENGHINA AL HADIST..??? ADAKAH ORANG-ORANG ISLAM ATAU KAH ORANG-ORANG KRISTEN LAI..??? KEBIASAAN NYA ORANG-ORANG KRISTEN ANTI ALQURAN DAN MENGHINA AL HADIST..! BIASA NYA MEREKA ANTI PENGAKUAN NABI ISA SEBAGAI UTUSAN ALLAH SWT., DI DALAM FIRMAN NYA..! BILA KONDISI MEREKA TERCEPIT., MEREKA MENGGUNAKAN AYAT-AYAT ALQURAN TERSEBUT UNTUK MENYAMAKAN NABI ISA DENGAN YESUS TUHANTU PAGAN ROMAWI..! JALU HARUSTAU., BERPERIKEMANUSIAAN ADALAH KESATUAN AGAMA TANPA ALKITAB..!
        TAPI KETUHANAN YANG MAHAESA ITU ADALAH KETAHUAN WUJUD MUTLAK YANG TIDAK SERUPA DENGAN MAKHLUK CIPTAAN-NYA..?!? KURANG AJAR NYA KRISTEN LAI., MENGEDIT ALLAH = YHWH ITU YESUS YANG MENJELMA DI DALAM DAGING MANUSIA..?!? SEDANG KAN BIBLE BERBAHASA INGGERIS, JERMANY, YAHUDI / IBRANI TIDAK BERANI MENGEDITKAN BEGITU..!!!

      • Jalu says:

        Puji Tuhan anadzat masih mempunyai sifat berperikemanusian. Kemanusiaan adalah kesatuan agama tanpa alkitab. Setuju. Tapi dg adanya ayat/hadits anda tsb bisakah manusia tidak menjadi munafik ? (semoga saja).
        Dan silahkan dinilai sendiri, sifat ALLAH yg kasih mengeluarkan wahyu yg demikian sadis! Bila memang allah kejam mestinya tinggal menjentikkan jarinya saja sdh mati, kenapa justru Allah malah menyuruh manusia (dg ayatnya) untuk membunuh? Sedangkan membunuh dlm alasan apapun tidak terbayang Allah pd awal penciptaan manusia.

      • anadzat says:

        MAKAKE KONON NYE KRISTEN AGAMA KASIH.., TAPI TUHANTU NYA KRISTEN LEBIH KEJAM DARI PEMBUNOH YG MEMBUNOH ANAK TUNGGAL NYA YANG BER NAMA YESUS YANG TERSIKSA DI TIANG SALIB SEHINGGA TIGA HARI ATAU THREE TRINITI DAYS BARU MATI MENJADI BANGKAI DI TIANG SALIB… ➕

      • anadzat says:

        LEBIH JELAS LAGI.. TUHAN SUDAH TERPUJI..!
        TAK PUJI TUHAN PUN TAKPE..?!? MANUSIA HARUS MANUSIAWI..! MELAINKAN SEORANG MANUSIA YG MEMBELA DIRINYA DARI DI BUNOH OLEH SI PEMBUNOH.., WELL IA HARUS BUNOH SI PEMBUNOH ITU DENGAN TIDAK SECARA KEJAM..?!? _/\_ TIDAK SEPERTI KEJAM NYA TUHAN BAPA NYA KRISTEN YANG MEMBIARKAN ANAK TUNGGAL NYA YANG BER NAMA YESUS YANG TERSIKSA DI TIANG SALIB SEHINGGA TIGA HARI BARU MATI MENJADI BANGKAI DI TIANG SALIB..?!? GIMANE HUKUM KASIH TUHAN BAPA KRISTEN ITU YANG TIDAK MEMPUNYAI BELAS KASIHAN TERHADAP ANAK TUNGGAL NYA.. TERSIKSA DI TIANG SALIB SEHINGGA TIGA HARI BARU MATI..?!? WAHAI AKAL SEHAT..???

      • anadzat says:

        JIKA ROH ITU TUHAN BAPA..! BAPA HARUS BER TANGGUNG JAWAB UNTUK MENYELAMAT KAN JIWA DAN RAGA ANAK TUNGGAL NYA YANG BER NAMA YESUS ITU DARI TERSIKSA OLEH PEMBUNOHAN TERSEBUT .??? TERNYATA KALIAN WONG KRISTEN BEGO ALIAS BAHLUL.. HOTAKKELDAI 🐎 TUL GAK PENDETA MUNAFIK?

      • anadzat says:

        KALO TRINITAS ITU BODY, SOUL & SPIRIT ITU TRITUNGGAL..? KENAPA SI TUNGGAL ITU TIDAK BAWA SEKALI JIWA DAN RAGA ANAK TUNGGAL NYA..??? IBARAT BURONG TERBANG DENGAN SANGKAR NYA..?!? MAKA NYA ITU.. TRINATAS KONSEP YUNANI BUKAN KONSEP YAHUDI, NASRANI ATAU PUN ISLAMI.? TUL GAK MUNAFIK..??? MANA LHU..? LAGI NGOREK LAI LHO..???

    • Ex budak arab says:

      Muhammad hanya muncul untuk mengadakan permusuhan ,menimbulkan saling mencurigai,saling bunuh,kafir mengkafirkan manusia,anti demokrasi,menghallalkan sex ..babu halal babi haram , pedhopil yg diikuti umatnya ( syeh puji) pembunuh yg diikuti para teroris …agama yg diciptakan hanyalah kedok untuk semua kejahatannya…dan quran adalah kebohongannya tentang wahyu allah..karena dari gaya bahasanya menunjukkan EGOnya simuhammad….jadi kalau dikatakan islam agama penyempurna ..tak tahu malu gombalnya …semua ritualnya ,tradisinya sudah ada sebelum muhammad mengaku aku nabi..dan mengambil kisah2 nabi2 yahudi sebelum islam ada dijiplak dijadikan islam…itulah dusta terbesar sinabi palsu….buka mata buka telinga…tidak ada nubuatan untuk orang arab jadi nabi..karena arab hanya turunan dari ismael anak dari hagar babunya sarah istri ibrahim..yg diusir dari rumah ibrahim..kenabian hanya diberikan dari turunan dari anaknya iskhak ,yakub ( israel) tidak dari turunan atau bangsa arab bar bar ( liar ,buas, ganas ,nafsunya besar yg hobinya hanya merampok dan membunuh dan jual beli budak)….pelajari sejarah dulu dan lihat buahnya baru ikuti …tidak semua orang beragama islam menjadi teroris tapi semua teroris beragama dari islam…belum pernah teroris berteriak siancay siancay, atau omitaba ,atau haleluya , wastu wastu…semua teroris teriakannya sama ALLAHU..AKBAR..ALLAHU BAR BAR

      • Albana says:

        Anda pun bisa berteriak ALLAHU AKBAR kenapa terorris tidak? Anda bukan muslim yakan? Anda juga bisa pake peci dan sarung.
        Menjelma sebagai seorang muslim lalu berulah membunuh,zinah,judi dll. Dan orang akan melihat anda sebagai seorang muslim karena anda memakai peci(kopiah) dan sarung.

        Anda mampu menjelaskan kebohongan kebodohan dgn panjang dan lebar

  5. Harsoyo says:

    . Semua kabar dari Yesus Al Masih adalah Benar. Apa yg ada dalam al kitab (injil) jika itu memang ucapan Yesus Al Masih, saya jg mengimani kebenaran ucapan Yesus Al Masih, Tp saya ragu , apakah tafsiran/pemahaman saudara sesuai dengan yang dimaksudkan/dimaukan oleh Yesus Al Masih? Bgmn jika bukan seperti itu yg dimaksudkn oleh Yesus Al Masih? Apa anda yakin tafsiran anda sudah Benar? Sy lebih berpegang pada ucapan Yesus Al Masih drpd tafsiran anda.

    • anadzat says:

      LEBIH JELAS LAGI., YAITU ORANG-ORANG KRISTEN BERLINDUNG DENGAN KEMUNAFIKAN NYA..! BIASA NYA MEREKA ANTI AL QUR’AN DAN AL HADIST..! BIASA NYA MEREKA ANTI PENGAKUAN NABI ISA AL MASEH YG DI FIRMAN KAN SEBAGAI UTUSAN ALLAH SWT..! BIASA NYA APA BILA KONDISI MEREKA TERCEPIT.. MEREKA WONG KRISTEN MENYAMAKAN NABI ISA AL MASEH UTUSAN ALLAH, DENGAN YESUS ATAU JESUS THE HOLY GHOST SPIRIT PAGAN ROMAWI..?!?

      • Eric erdo says:

        Sebagaimana ADAM manusia pertama dijadikan dengan TUBUH yang dari debu (bukan tanah) dan bahan baku tubuh Adam itu diambil ketika tanah (daratan) blum tumbuh tanaman pohonan. Dengan demikian Adam secara pribadi ditampilkan dengan tubuh, yangmana pribadi Adam yang sebenarnya itu ROH nya. Dan tubuh itu hanya sebagai wadah (kostum) untuk bisa berinteraksi dengan bumi dan mahluk hidup lainnya yang diciptakan Allah. Lihat saja aktivitas manusia untuk bekerja (bergerak dan kerja) memegang, menyentuh dll, itu justru interaksinya menggunakan anggota tubuh. Sehingga tidak ada yang sukar bagi Adam untuk bekerja, dan beraktivitas. Nah…sejak awal memang Allah itu merancangkan bumi sebagai DOMAIN kerajaan sorga dengan pemerintahannya di atur dan ditata oleh Adam. (kejadian.1:28). Dosa telah menguasai mereka, sehingga KONSEP Allah pada mandat Nya,berubah menjadi Konsep egois. Yaitu konsep SURVIVE mempertahankan hidup dengan kekuatan Nya sendiri. Independen yang tidak mau uluran tangan Allah. Itulah yang terjadi pada manusia manusia yang berpikiran CERDAS oleh kecerdasan ACADEMIC nya. Sehingga pendidikan formal sampai jenjang sarjana, justru untuk bekerja membangun DUNIA nya, dengan SYSTEM kehidupan yang diatur oleh POLITIK, HUKUM, EKONOMI, BUDAYA. Itulah PILAR PILAR kehidupan yang berkembang sesuai zaman teknologi maju. KAIN dan generasinyalah (putra Adam yang sulung) mengawali SYSTEM itu dan berkembang hingga sekarang ini. Ketika roda ekonomi bergerak, semuanya itu menggunakan ENERGY dari perut bumi. Yangmana kita kenal dengan BBM. Danketika TV NHK Jepang menerima bocoran, bahwa BBM, akan habis dalam jangka waktu 40Thn Kedepan, dan GAS BUMI akan habis dalam jangka waktu 60thn kedepan. Jadi KRISIS global akan terjadi, karena ulah MANUSIA yang anti Allah dan tidak mengakui kedaulatan Allah atas semua ciptaan Nya, dan mereka itulah orang orang ATHEIS, yang gila TEKNOLOGI dan ILMU PENGETAHUAN, menjadi AGAMA mereka. Pakistan diam diam sudah membuat kontrak dengan RUSIA membangun 100 unit pembangkit listrik NUKLIR. Nah..sekiranya seluruh bangsa (negara negara) mempunyai pembangkit listrik nuklir, maka bisa dibayangkan bahwa limbah nuklir itu akan memenuhi bumi, dan manusia menjadi MONSTER yang hidupnya KRISIS, akan membantai sesama, dan mengkonsumsi daging sesamanya. Itulah cerita THE END OF THE WORLD nya.

      • PENGGONCANG says:

        DAN YANG LEBIH PARAH LAGI BAGI SEMUA KRISTEN, DARI PENDETA DAN BIARAWATINYA, DARI PENGIKUTNYA SAMPAI BUDAKNYA TAK SATUPUN PERNAH MENGERTI SIAPA SEJATINYA NAMA TUHANNYA DAN APA AGAMANYA….HEHEHE….
        TETAPI KALO DI SURUH MENCARI KAMBING HITAM YG HILANG, MEREKA-MEREKA ADALAH YANG PALING AHLINYA…,,
        BILA MEREKA DI TANTANG UNTUK MEMINTA KEPADA TUHANNYA AGAR SEGERA DI MATIKAN AGAR CEPAT MASUK SURGA SEBAGAI BUKTI KEBENARAN DARI DOGMANYA, MEREKA-MEREKA KRISTEN BERKELIT MEMUTAR-MUTAR LIDAH DAN OTAKNYA SAMPAI KEPALANYA DI BENTUR-BENTURKAN TEMBOK UNTUK MENGHINDARI PEMBUKTIAN ITU…, DAN LAGI PULA KATANYA MEREKA SEBAGAI KRISTEN SEMUA DOSANYA TELAH DI TEBUS OLEH YESUSNYA…, TETAPI KENYATAANYA MEREKA MASIH SAJA MEMINTA AMPUNAN DOSA LEWAT BAPA PENDETANYA YG BERSEMBUNYI DI LORONG GEREJA MEREKA…, DAN YANG LEBIH PARAH LAGI…KRISTEN TELAH TERTIPU OLEH AJARANYA SENDIRI TETAPI MALAH MENIPU ORANG LAIN UNTUK MENJADI TERTIPU OLEH AJARANNYA TERSEBUT…HEHEHEHE….
        DASAR ORANG-ORANG BUTA YANG TAK PERNAH MELIHAT MATAHARI DAN BULAN TETAPI BERDEBAT TENTANG MATAHARI DAN BULAN…. .
        DAN APA PENDAPAT DARI ORANG-ORANG YANG SECARA LANGSUNG MELIHAT DAN MENYAKSIKAN SENDIRI TENTANG MATAHARI DAN BULAN….?, TENTUNYA EJEKAN DAN CEMO’OHAN YANG MEREKA PEROLEH, TETAPI SEBAB HATI MEREKA TELAH DUNGU DAN PEKAK MAKA TETAP SAJA MEREKA MEMBANTAH DENGAN CARA PUTAAAAR TERUUUUUUS LIDAHNYA SAMPAI MENCRET-MENCRET……HAHAHAHAHA….
        AKU AMBILKAN CONTOH PERKATAAN KRISTEN2 TERSEBUT IBARAT MEMBICARAKAN TENTANG ( AIR )….
        MEREKA PUTAR-PUTAR JAWABAN MEREKA DENGAN KALIMAT ….:
        ” AIR ITU ES….”
        ” TIDAK…, ES ITU AIR…”
        ” TIDAK…, ES ITU YA EMBUN….”
        ” TIDAK…, AIR ITU SALJU….”
        ” TIDAK…, AIR ITU ADALAH H2O…”
        ” TIDAK…., H2O ITU ADALAH AIR….”
        ” TIDAK …., SEMUA AIR ADALAH H2O…”
        ” SALAH…, AIR ITU ADALAH SUMBER KEHIDUPAN…”
        ” SEMUA ITU SALAH AIR YA AIR…, ES YA ES…, TIDAK MUNGKIN ES ITU AIR….”
        ========== SAMPAI KIAMATPUN MEREKA TETAP PERTAHANKAN BANTAHAN ITU WALAU SAMPAI MENCRET-MENCRET DUBURNYA..======

        HUAHAHAHA….HUAHAHAHAHA……HUAHAHAHAHA…..

    • anadzat says:

      ORANG ORANG KRISTEN BERLINDUNG DENGAN KEMUNAFIKAN NYA.. DAN APABILA KONDISI MEREKA TERCEPIT.. MEREKA MENGGUNAKAN AYAT-AYAT ALQURAN, UNTUK MENYAMAKAN NABI ISA UTUSAN ALLAH DENGAN YESUS TUHAN ANAK..?!?

    • PENGGONCANG says:

      @Harsoyo…., coba fahami ayat bibel ini ya….
      MATIUS: 8 : 24 :Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur.
      catatan : KATANYA YESUS ADALAH TUHAN KRISTEN, MENGAPA ANGIN YG SEBAGAI CIPTAANYA MENGAMUK KOK MALAH DI BIARKAN SAJA DAN DIA MALAH TIDAUR …?, DAN BERAPA HARI YESUS TIDUR…?, BERAPA MINGGU DAN TAHUN YESUS TIDUR…?, KAMU PERNAH LIHAT TORNADO YANG MELULUH LANTAKKAN KOTA2 DI AMERIKA SERIKAT BELUM…?, BAGAIMANA PARAHNYA KERUSAKAN YG DI TIMBULKAN….?. BAGAIMANA YESUS DI SEBUT SEBAGAI TUHAN SEDANGKAN CIPTAANYA MENJERIT-JERIT MENANGGUNG PENDERITAAN DIA YESUS MALAH TIDUR PULAS…?, DI MANA SIFAT KASIH SAYANGNYA…?, DIMANA SIFAT KASIHNYA…?, KATANYA AJARAN YESUS AJARAN KASIH…, LALU APA PENDAPAT ANDA TENTANG ITU SEMUA…?
      DAN COBA FAMAMI AYAT ITU…” SEKONYONG-KONYONG MENGAMUKLAH ANGIN RIBUT…”, LHO …TIDAK ADA MENDUNG TIDAK ADA HUJAN KOK TIBA-TIBA ADA ANGIN RIBUT.., ITU AYAT ATO CERITA PENULIS…?, APA KAMU MASIH PERCAYA…?.
      PAHAMILAH KALIMAT ” SEKONYONG-KONYONG ITU…, APA ARTI DAN MAKNA SEKONYONG-KONYONG…?, ( DALAM BAHASA JAWA : UJUG-UJUG, MAK BEDUNDUK …( BIKIN KAGET ORANG LAIN ) CONTOH : HANTU/SETAN/GENDRUWO …: BAHASA INDONESIA : TIBA-TIBA, ENTAH DARI MANA DATANGNYA…?), MONGGO SILAHKAN DI FAHAMI YA…?

  6. Harsoyo says:

    Maksud anda itu apa? Bagi sebagian orang, tulisan anda akan dianggap tulisan yg berbobot, bermutu, Wah sekali, Hebat, ruar biasa, tapi,……….. Misalnya, Al quran (4:171) anda ubah artinya sehingga maknanya jadi lain. Bgmn akan benar tafsirannya anda, jika artinya saja sudah ‘dibelokkan’ . Dan ayat2 yg lain, juga anda tafsirkan dgn luar biasa kelirunya. Banyak orang dr berbagai belahan penjuru dunia, yg lebih pintar, lebih santun, lebih arogan, lebih berpendidikn dr anda, mempunyai tafsiran yg lbh baik dr tafsiran anda, telah mendapatkan jwbn tentang Islam dan tentang Kristen, Injil, Yesus. Silakan buka wawasan anda, anda baru mengetahui 1 ilmu seakan sudah mengetahui semua ilmu agama. Sy prihatin dgn saudara. Ibarat katak dalam tempurung,.

    • anadzat says:

      SIAPA YG MEMERANGI ORANG-ORANG ISLAM DULUAN..??? KAPIR ATAUPUN MAJUSI..???
      SOPAN HARUS DI BALAS DENGAN SANTUN..?!?
      MAKAR DI BALAS DENGAN MAKAR..?!? DAN KURANG AJAR HARUS DI BALAS DENGAN PENGAJARAN YANG KERAS, SUPAYA WONG KRISTEN YANG ANTI ALQURAN DAN MENGHINA AL HADIST., SEBAGAIMANA KEBIASAAN WONG KRISTEN YANG ANTI NABI ISA AL MASEH SEBAGAI UTUSAN ALLAH SWT., SEBAGAIMANA FIRMAN NYA DI DALAM AL QUR’AN., MEREKA MENYAMAKAN NABI ISA AL MASEH UTUSAN ALLAH SWT SEBAGAI YESUS KRISTUS TUHANTU
      PAGAN ROMAWI.., YAITU HOLY GHOST SPIRIT ATAU PUN ROH HANTU SUCI PAGAN ROMAWI..!
      APALAGI LAI (LEMBAGA ALKITAB IBLIS) YANG KURANG AJAR MENCIPTA KAN ALLAH = YHWH ITU YESUS YANG MENJELMA DI DALAM DAGING MANUSIA..?!? HEBOH.! PBB KECAM VATIKAN TERKAIT KEJAHATAN SEXUAL / PERSUNDALAN PARA PASTOR DAN PENDETA TERHADAP ANAK ANAK..?!?

      • Jalu says:

        Injil Yohanes 14
        14:7 Kata YESUS kepadanya: “AKUlah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada BAPA, kalau tidak melalui AKU.
        14:7 Sekiranya kamu mengenal AKU, pasti kamu juga mengenal BAPA-KU. Sekarang ini kamu mengenal DIA dan kamu telah melihat DIA.”

        14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa AKU di dalam BAPA dan BAPA di dalam AKU? Apa yang AKU katakan kepadamu, tidak AKU katakan dari diri-KU sendiri, tetapi BAPA, yang diam di dalam AKU, DIAlah yang melakukan pekerjaan-NYA.
        14:11 Percayalah kepada-KU, bahwa AKU di dalam Bapa dan Bapa di dalam AKU; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

        Injil Matius 28:18
        YESUS mendekati mereka dan berkata: “Kepada-KU telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.”

      • anadzat says:

        BAPA YANG TIDAK DAPAT MENYELAMAT KAN ANAK TUNGGAL NYA YANG MATI DI TIANG SALIB ITU, ADALAH BAPA YANG KEJAM..?!? BULLSHEET..?!?

      • Jalu says:

        @dzatbatu cs

        INJIL MATIUS 6:21-23
        21] Sejak waktu itu YESUS mulai menyatakan kepada murid-murid-NYA bahwa IA harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
        22] Tetapi Petrus menarik YESUS ke samping dan menegor DIA, katanya: “TUHAN, kiranya ALLAH menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa ENGKAU.”
        23] Maka YESUS berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-KU, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan ALLAH, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”
        —————
        Sangkalan @dzatbatu sdh terjawab dari INJIL kan…!!

      • anadzat says:

        HA HA HA HAI 💋 ALKITAB DONGENG KARANGAN TULISAN MANUSIA PAGAN YUNANI KONSEP TRINITAS.. LA LA LA LA LA LAI 💋 LEMBAGA ALKITAB IBLIS 👹❎

      • anadzat says:

        ALKITAB ADALAH KARANGAN DAN TULISAN DONGENGAN MANUSIA..! SEPERTI LAI MENGARANG ALLAH = YHWH ITU YESUS YANG MENJELMA DI DALAM DAGING MANUSIA..?!?
        KRISTEN LAI BULLSHEETS 🐂🐮

      • anadzat says:

        DZAT ( PENCIPTA) BEDA DGN ZAT ( CIPTAAN NYA) ..!!!
        ZAT BATU DAN ZAT KAYU SALIB ITU ADALAH ZAT MATI..!!! _/\_ DEMEKIAN ITU PENGAKUAN ISLAM.. ” LA ILAHA ILLALLAH ” ADALAH KALIMAT TAUHIDUL DZAT YANG MAHASUCI LAGI YANG MAHA TERTINGGI, YANG TIDAK BERBENTUK SEPERTI ROH MAKHLUK ATAU ROH MANUSIA, ATAU PATUNG BERHALA YANG MEREKA ORANG-ORANG KAPIR SEKUTUKAN..?!? ” MUHAMADAR RASULALLAH ” ADALAH KALIMAT RASUL MUHAMMAD ( SIFAT TERPUJI) YANG HARUS MANUSIA AMALKAN SUPAYA MENJADI INSAN YANG MULIA..!!! _/\_ BERTOBATLAH KRISTEN., JESUS ITU HANYA MANUSIA SETAN ( HOLY GHOST SPIRIT) 👹!!!

      • Eric erdo says:

        Membaca debat yang tak berkesudahan perihal AGAMA dan KITAB suci, itu membuktikan bahwa kita tidak mengerti arti hidup yang beribadah. Justru oleh pemahaman yang menitik beratkan soal AGAMA dan KITABSUCI itulah yang membuat kita merasa berbeda. Tetapi sebenarnya, kita semua SENASIB ketika hidup diatas muka bumi dengan DUNIA yang marak dengan POLITIK, HUKUM, EKONOMI, BUDAYA, dan semua itu nyatanya sedang diupayakan untuk menjadi SATU SYSTEM yang kemudian dikenal dengan THE NEW WORLD ORDER. Bahwa kekayaan bangsa bangsa dari bumi dan tanah air mereka bukan lagi hak milik Pemerintah/negara nya. Tetapi dibawah aturan pemerintahan SATU BUMI, (one WORLD order) . Semua itu karena ancaman KRISIS yang berkepanjangan, dimana ditenggarai adanya kelompok kelompok yang ingin menguasai bumi dan isinya dengan faham agamanya, ediologinya, prinsip prinsipnya, semua itulah yang menjadi KACAU, karena masing masing kelompok umat (katanya) beragama itu ingin menguasai bumi dengan visi misinya. Lihat saja ISIS dan yang lainnya. Untuk itulah semua skenario dibumi ini adalah rancangan dari kelompok ILUMINATI yang terorganisir rapi, mantab, super rahasia. Sengaja mereka timbulkan konflik berbasis agama, agar mereka punya bukti, bahwa DUNIA (bumi) harus diperintah oleh satu tatanan pemerintahan yaitu ONE WORLD ORDER. Siapakah sebenarnya yang bermain dalam skenario ini, IBLIS…dia adalah pendusta, dan pembunuh manusia. Kenapa demikian? Karena ketika manusia mati konyol, ROH Nya akan menjadi Roh yang sesat, sebab selama hidupnya tidak pernah kenal Allah, alias ATHEISME dan gandrung serta percaya dengan akal budinya yaitu ILMU PENGETAHUAN. Camkan saja…bagaimana kita dan anak cucu kita akan menghadapi zaman yang sukar. (2timotius.3:1-9). Oleh sebab itulah kita masing masing hidup dalam ibadah yang kusuk bersahaja, tanpa berbantah soal soal yang seperti itu. Sebab kalo memang Allah itu ESA, maka ketika manusia buat jalan ibadahnya masing masing dengan arah yang sama, maka nantinya jalan itu akan menyatu ujungnya, alias hanya ada SATU JALAN, yaitu PINTU KESELAMATAN (pintu sorga) itulah YESUS. (Yohanes.14:6). Sekarang bukanlah waktunya kalian beretemu PINTU itu, melainkan ketika kalian taati, dan bersahaja, dengan hati yang tulus, maka Allah akan nyatakan kemurahan Nya. Jadi bukan soal benar salah karena AHKLAK,oleh pola pikir cerdas, tetapi soal HATI NURANI YANG MURNI, DAN JERNIH. ingat saja, ketika Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, mereka tidak punya KITAB SUCI, Tetapi IMAN, OLEH HATI NURANI YANG JERNIH KEPADA ALLAH. Camkanlah ituuuuuuu……

    • Jalu says:

      @harsoyo cs

      Percayalah kepada TUHAN YESUS. Baca firman-NYA renungkan sabda-NYA. Karena TUHAN sendiri yg akan membukakan hati.

      Injil Matius
      7:7]] Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
      7:8]] Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

      • Jalu says:

        He he he ternyata sama-sama bebalnya si santri sama gurunya….
        Diajari membaca malah mengumpat…..

      • anadzat says:

        AKU TIDAK BERADA DI DALAM TERANG DAN GELAP NYA PANDANGAN MATAMU YANG PALSU YANG MENYESATKAN JALANMU.. GOBLOK..?!?

      • anadzat says:

        ORANG YANG SEDANG TIDUR, BANGUN BACA ALKITAB ITU.. JALU NAMA NYA..! HA HA HA HAI..!!! 😁

      • Jalu says:

        Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, “Semua umatku selamat kecuali orang-orang yang terang-terangan berbuat dosa (mujaharah). Dan termasuk mujaharah adalah orang yang berbuat di waktu malam yang gelap kemudian pagi harinya diceritakan pada orang lain padahal semalaman itu Allah menutupinya sedangkan pagi harinya ia membuka sendiri apa yang ditutupi oleh Allah.”
        (Bukhari – Muslim).

        Waduuuuuuuuuh…….
        ALLAH ISLAM MENUTUPI PARA ORANG MUJAHARAH SEMALAMAN DI MALAM GELAP ????????????????!
        Bentar wak dzat tak kucek2 mata dulu, kalee aja aku yg bangun tidur ni salah baca…!!

      • anadzat says:

        HA HA HA HAI 💋 ITU BUKHARI MUSLIM DAN BUKAN BUKHARI KRISTEN GOBLOK..?!? JALU ITU KAN TIDUR.. TAPI JALAN JALAN DI WAKTU MALAM NGOREK LAI 😷

      • anadzat says:

        JALUuuuuuuuu BERJALAN SAMBIL TIDUR ADALAH SUATU GANGGUAN..?!?

      • Jalu says:

        He he he…..
        Udah begitu aja uja ya penafsiran quranmu, dg umpatan doang.
        Ups salah..!
        Nggak bisa ditafsirkan lg ayat tsb ya mpok…??
        Udah jelas soalnya “ALLAH ISLAM SEMALAMAN MENUTUPI PARA MUJAHARAH DI MALAM GELAP.”
        allah loe ngapain aja kok keliaran melulu di malam- malam gelap mpok…?!
        Jangan ngumpatnya ke kita dong, umpatin aja tuh bukhari muslim ngapain juga mbocorin belangnya allah loe..#

      • anadzat says:

        HA HA.. MENURUT LAI 💋 LEMBAGA ALKITAB IBLIS., ALLAH KRISTEN = YHWH ITU YESUS YANG MENJELMA DI DALAM DAGING BIANGKONTOL ORANG-ORANG KRISTEN AGAMA KASIH ALIAS MAKE L💗VE SEPERTI DI U TUBE PORNO POKOKE TERSEBUT ..?!? HEBOH..!!! HE HE.. PBB KECAM VATIKAN TERKAIT KEJAHATAN SEXUAL / PERSUNDALAN PARA PASTOR DAN PENDETA TERHADAP ANAK ANAK DI SODOMI LLOBANG DUBUR NYA..?!? HA HA HA HAI 😀 HANCHAI BOCHAI HUKUM KASIH KRISTEN..?!?

      • anadzat says:

        LEBIH KONYOL LAGI., YAITU TUHAN BAPA KRISTEN GAK BISA SELAMATKAN ANAK TUNGGAL NYA BERNAMA YESUS YANG MATI MENJADI BANGKAI DI TIANG SALIB..!!! HA HA HA HA HAI 😀 HANCHAI BOCHAI..?!?

      • anadzat says:

        YANG LEBIH KONYOL., YAITU ORANG-ORANG KANESAH KRISTEN ORTODOK SYRIA (SURIAH) MENIRU MEBACA AYAT-AYAT ALQURAN DI DALAM SHOLAT NYA PERSIS ISLAM DENGAN BERJILBAB, BERJUBAH & BERJENGGOT..?!? CUMA DAGING KULIT KONTOL & BIJI KELENTIT MEMEK MEREKA DI SUNATIN ATAU ENGGAK..? HA HA HA HA HA HAI 😀..

      • Melisa says:

        Setuju 100%

  7. Berfikir Jernih says:

    Slmt sore .
    Sudah jgn saling bertengkar…. Skrg saya tanya agama mana yg timbul pertama kali dibumi ini …?
    Kristen …?? Apa islam ??
    Jgn saling hujat di agama masing2 kan di ajarkan kebaikan mana ada agama di ajarkan buruk tidak ada !!!
    Yausudah utk pembuat blog ini saya mau bertanya
    Bukti ayat alkitab mana yg berkata kalau yesus adalah tuhan ..???
    Yesus yg tidak punya bapak di jadikan tuhan ya hebat sekali ..
    Kenapa gak adam aja yg dijadikan tuhan ??? Adam kan lahir tanpa bapak dan ibu lebih hebat kan… Intinya yesus dan isa itu tidak sama dr tahun kelahiran saja sudah berbeda … Banyak perempuan hamil skrg tanpa bapak kalian sembah saja anak itu sbgai tuhan kan tak ada bedanya dgn yesus…

    • Penghianat says:

      Apa menurutmu islam agama yang pertama kali timbul ? hahaha…. berfikir jernih tong… Allah beragama islam ? adam juga beragama islam ? wkwk…. mereka sholat ngak ? potong burung nggak ? wkwkwk…… pa lagi siti kodhijah… gak pernah sholat… yang jelas Hindu – Budha itu agama pertama di Nusantara….sedakang animisme-dinamisme hanya aliran kepercayaan… bukan agama. Jelas tong !

      • Ex budak arab says:

        Allah islam jelas agamane islam ,karena allah islam harus ngucap syahadatnya simuhammad dulu yaitu,Tiada tuhan selain allah ,muhammad utusan allah ,adam manusia pertama beragama islam dan mengucapkan syahadat ,Tiada tuhan selain allah, muhammad utusan allah…betul ndak? ..jadi sebelum adam dijadikan muhammad sudah mendirikan agama islam …sing goblok pengikute atau muhammad sintinge thooo???

  8. Ex budak arab says:

    Jawab..slim? Jawab..yg mendirikan agama islam itu allah swt atau muhammad..kok sejarah manusia pertama jadi beragama islam…semua nabi israel beragama islam…..walah agama ngapusi sinabi palsu kok dipercoyo….kaciaaan deh luuu

  9. Ex budak arab says:

    Menurut muhammad nabi adam tingginya 29,5 meter. ..yo percoyo wae …wong wahyu …dari gua hira . berarti umat manusia sekarang ini yg tingginya gak lebih dr 2 mtr BUKAN RAS KETURUNAN ADAM …TAPI KETURUNAN BABON ATAU MONYET.. TERMASUK KAMU SLIM !!!

    • karimamrullah says:

      Yang mendirikan islam itu aulloh, sebab islam itu agama aulloh buktinya aulloh beragama islam, kitab quran ada dilauhmahfudz

  10. dora says:

    kristen mengerikan, makan makanan haram daging anjing dan daging babi

    • dora says:

      pake logika aja mas. tuhan kok bisa di salib? untuk menyelamatkan diri sendiri dari belenggu salib aja yesus tak bisa, bagaimana mungkin bisa jadi juru selamat bagi umat manusia. ngga masuk akal, kristen itu adalah dongeng yg turun-temurun…….

      • Sebut saja nachi says:

        Itu dia lakuin supaya nubuat yang ada itu digenapi. Kalo nggak dia mati di kayu salib dan turun ke kerajaan maut, dia mana bisa nyelametin umat manusia yang berdosa.

        “Logika aja mas”. Mbak, sayangnya sesuatu seperti itu nggak bisa dinalar, mbak. Bisanya diimani.

  11. adams says:

    Yesus dengan isa itu berbeda..!!! Jangan di sama kan.. Sekarang saya tanya,, yesus itu kalian sembah..? Dan kalian anggap anak tuhankan.. Kalo yesus anak tuhan maria istri tuhan.. Lalu kakeknya yesus itu siapa..? Kalo tuhan bisa punya anak.. Berarti dia di lahirkan juga dong dari laki dn perempuan.. Berarti dia makan dn berak jugakan.. Coba jawab..? Kakeknya yesusul dari tuhan bapak itu siapa….?
    Dan asal anda tau.. Kristen itu baru ada di tahun 330-an masehi,, nabi isa allooh angkat ke langit pada tahun 30-an Masehi,, dan ga masuk akal kalo kristen it ummatnya nabi isa dn injil kitabnya.. Ini sejarah kebenaran… Ummat nabi isa di al quran di katakan huwariyyun.. Hanya 12 orang tidak Lebih..!!!!

    • Ryuken says:

      Waduuh….piye toh ini blog punya siapa yaaa …mas blognya di tutup aja mas…dari pada di bully pemahaman terus disini…pokoke ..sali ng hormat menghormatilah…bagimu agama mu bagiku agama ku…gitu aja repot…tapi sampean jangan mulai mulai duluan yaaa repot ntr sampeyan….mas

  12. James says:

    Kebenaran alquran dpt difahami dari maksud dan tujuan kitab itu diturunkan kpd nabi terakhir muhammad ..makna dari diturunkannya alquran adalah untuk menutup atau lebih jelasnya penutup dari kitab 2 terdahulu yg sudah habis masa berlakunya karna tuhan menurunkan wahyu atau kitab sucinya itu dgn maksud dan tujuan suci menyelesaikan masalah pada zamannya yg berbeda ..setiap abad beda permasalahan dan tuhan memberikan solusi melalui kitab2 suci tsb…alquran diturunkan pd nabi terakir dibumi ini dgn isinya sesuai dgn masalah yg terjadi pd zaman ini yaitu akhir zaman..jadi kitab suci alquran adalah kitab induk seluruh umat agama didunia saat ini ..isi alquran yg sebenarnya adalah tentang sejarah utusan2 tuhan yg terdahulu dan bimbingan ilmu yg bila diterapkan pada masa sekarang akan menyelesaikan masalah yg terjadi saat ini …seperti contoh kecilnya pelarangan homosexual yg dpt menyebabkan HIV/aids.pelarangan makan bunga bank alias riba yg saat ini dikenal dgn nama kapitalisme .karna kapitalisme dpt menyebabkan ketimpangan ekonomi dmna yg kaya akan semakin kaya dan yg miskin akan semakin miskin.tuhan allah memberikan banyak solusi diddalam kitab alqurannya dan hanya ahli tafsirlah yg bisa membaca dan mengartikannya semua itu harus pd ahlinya tidak dpt langsung diartikan karna perbedaan level tingkat kecerdasan tuhan dgn hambanya ..dlm alquran banyak sekali rahasia dan makna yg tersirat dari tiap perkataan ..dan bila langsung diartikan perkataan itu akan mengakibatkan salah arti maksud dan tujuannya..Salah satu kebenaran alquran adalah disitu dijelaskan bahwa bumi ini bulat..dmna setelah lewat beberapa abad baru galileo galilei menyimpulkan bahwa bumi ini bulan dan sempat ditentang oleh pihak vatikan ..dan lainnya adalah dijelaskan kebenaran alquran melalui galaxy2 peredaran matahari bulan jam pembuatan bumi .tentang penciptaan manusia dan asal usul terjadinya manusia..itu semua sudah ada dlm alquran sebelum sains modern menemukanya ..hal yg akan terjadi bila isi alquran diterapkan pd masa skrng mungkin akan memperpanjang umur manusia dan bumi ini yg sudah sangat rusak oleh sifat manusianya yg serakah dan buta dgn kebenaran.ego mereka melebihi akal sehat dan hati nurani mereka …merasa pintar padahal egois dgn serakah menghabisi isi bumi tanpa memikirkan kehidupan generasi manusia yg akan datang.mereka bangga membunuh genosida demi agamanya yg usang padahal yg harus kita tahu bahwa kita hidup dlm planet yg sama yaitu bumi ..bila alquran tidak secepatnya diamal oleh semua penduduk bumi maka kiamat akan tinggal nunggu hari..wassalam

    • guram says:

      (QS.69:40)
      “Sesungguhnya Al-Qur’an itu adalah benar-benar wahyu Rasul yang mulia,” إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُولٍ كَرِيمٍ Innahu laqaulu rasuulin kariimin” Bukti quran buatan Tangan Muhammad dan Sahabat yaitu zaid tsabit beserta usman.

      Siapa bilang Quran sempurna, Buktinya quran yang ditulis sahabat SAW dengan tulisan arab gundul lalu disempurnakan beberapa kali dengan penambahan tanda baca dst akhirnya sampai tahun 1924 oleh cedikia universitas Mesir. dan banyak sekali pertentangan didalamnya, itu bukti quran bukan wahyu dan tulisan Awlloh.

      SAW berkata” Illah kita adalah Illahnya negeri Mekah”. Orang tau bahwa ilahnya negeri Mekah Adalah Bagian dari 360 Behala Mekah Kemudian disatukan oleh SAW dengan cara dihacurkan dan disisakan satu Berhala yaitu Batu Ajar Aswad. Akibatnya Setan Menegur SAW dalam Qs 14:22…”ƅerkαtαlαh SYAITAN…αkυ TIDAK MEMBENARKAN ρerƅυαtαnmυ, MEMPERSEKUTUKAN αkυ, seȷαk DAHULU’…”

      Buktinya ” Dαri Ibnu Abbαs rα, berkαtα: “Muhαmmαd BERTALBIYAH dαn berkαtα KEPADA BATU αswαd dengαn SERUAN TAKBIR Allαhu Akbαr.“ (HR Bukhαri,1509 dαn 1525) hanya kepadaMulah aku berserah diri,

    • jourdan says:

      Kamu bilang penutup dri kitab yg terdahulu kitab mana aja sebutkan dong jangan percaya claim dan asumsi sendiri …mkasutnya kitab terdahulu itu di tulis nggak apa sja …? Terus di mana yg terdahulu itu…

      • guram says:

        @Ryuken says:
        Waduuh….piye toh ini blog punya siapa yaaa …mas blognya di tutup aja mas…

        Blognya bagus bang, kita aja kurang Ilmu…. asal tulisanya benar berdasarkan Alquran dan hadist atau Alkitab agar kita tau agar tak mudah diperdaya dengan kata-kata manis.

        Matius 7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

  13. Anonymous says:

    Maaf blog ini disita bank, karna admin INI mempunyai hutang kepada bank,untuk membuat blog INI,maka Dari ITU # BLOG INI DISITA BANK !!!

  14. insanusirihi says:

    Kalau diri sendiri tidak selamat., bagaimana mau menjadi juru selamat..?!? Korban cinta kasih pun bersifat cemburu, fitnah memfitnahi, dengki mendengki, khianat mengkhianati, mengakibat kan terjadi nya pembunohan di tiang Salib bagi Yesus yang tidak bersalah dan orang-orang perang Salib dan Perang jihad yang tidak bersalah menjadi korban cinta kasih sayang untuk menegak kan Kebenaran Keagamaan dan Ketuhanan masing masing yang masih hampa masa dahulu dan masa kini yang tidak ada peace be upon you..?!? Tidak ada Agama bagi manusia yang tidak berperikemanusiaan..!!!

  15. demymorti says:

    pertanyaan : sebutkan satu surah saja di dalam ALKITAB versi apa aja yang menyebutkan bahwa nabi isa (yesus bagi pengikutnya) adalah TUHAN.
    Jika berhasil menjawab dan menunjukkan surah tersebut maka berhak mendapat hadiah berupa permen.nah…silahkan di jawab bagi yg merasa pinter

  16. PENGGONCANG says:

    ISA ADALAH MILIK ISLAM….., YESUS MILIK KRISTEN….
    ALLAH MILIK MUSLIM/ISLAM….., YAHWEH MILIK KRISTEN
    KRISTEN KEAHLIANNYA ADALAH MERAMPOG MILIK ORANG LAIN, FAHAM TOOOONG….?!, SUDAH JELAS BAHWA ALLAH TUHANNYA ORANG MUSLIM, KENAPA SI KRSITEN MENYEBUT TUHANNYA ADALAH SI ALLAH…?, DASARNYA DARI BIBEL MANA LO MENCOMOT KALIMAT ALLAH ITU…?, LALU DASARNYA DARI BIBEL MANA PULA LO MENYEBUT YESUS ADALAH ISA….?, INGIN LAKU DAGANGAN AGAMA BUSUK SAJA LO MEMINJAM KULIT BUNGLON BUNG…!, SANA TAWARKAN SAJA AGAMA LO PADA RUMPUT YG BERGOYANG LAKU TIDAK…?.wkwkwkwkwkwkwk……

    • Jihan says:

      Allah itu artinya Tuhan, Allah itu bahasa Arab. Kenapa otaknya gak di pakai sih. Malu deh. Pemakaian Allah itu bukan hanya Islam saja yg boleh Menggunakannya. Agama Abrahamik lainnya juga boleh menggunakan nama Allah untuk menyebut Tuhan, karena pemakaian Allah itu universal. Gini nih, satu lagi Muslim yang kurang bijak. Tau nggak kenapa negara Non-Muslim makmur dan kuat, karena mereka bijak. Jadi tolong, Saya juga Muslim, tapi Muslim yg berpendidikan, jika ingin negara Muslim di dunia kuat, jadilah Muslim yang tidak banyak bacot.

      • insanusirihi says:

        RAMADHAN KAREEM..!!!
        ADDEENUL INDALLAHIL ISLAM TIDAK PAKAI NAMA YESUS DI DALAM AL QUR’AN..?!? SEBALIKNYA JUGA BIBLE BERBAHASA INGGERIS, JERMAN, MAUPUN BERBAHASA YAHUDI/IBRANI TIDAK PAKAI ISTILAH “ALLAH” DAN NAMA ” ISA ANAK MARYAM ” YANG TERSEBUT DI DALAM AL QUR’AN..?!?
        _/\/* YESUS ATAU JEZUS BERASAL DARI JE ZEUS PAGAN YUNANI/ROMAWI. TRINITAS KONSEP YUNANI/ROMAWI., DAN BUKAN KONSEP YAHUDI, NASRANI, DAN ISLAMI..?!? ORANG2 YAHUDI, NASRANI, DAN MUSLIM MENJADI KRISTEN., DI SEBABKAN MEREKA TERPENGARUH DENGAN TIPU DAYA PAULUS PENDIRI KRISTEN..?!? KERNA ITU KEBANYAKAN MUSLIM YANG BELUM MANTAP IMAN TOHID NYA., MEREKA MENJADI MURTAD..?!? ISLAM TERBAHAGI DARI GOLONGAN (1) MUNAFIK YANG BERTOPENGKAN ISLAM, (2) DARI GOLONGAN MUSLIM YANG MASIH MENTAH IMAN NYA., (3) DAN DARI GOLONGAN MUKMIN YANG BELUM MENJADI IHSAN..?!? BAHASA HADISTS.. ” SHOLAT LAH KAMU, SE OLAH2 KAMU MELIHAT ALLAH. SEANDAINYA KAMU TIDAK DAPAT MELIHAT NYA.., MAKA ALLAH SENANTIASA MELIHAT KAMU ” _/\/ WSLM..!!!

      • insanusirihi says:

        KINI > ” RAHASIA AL QUR’AN TERUNGKAP ”
        JUTAAN UMMAT ISLAM BISA HAFIZ ALQURAN.,
        SEBALIKNYA UMAT KRISTEN TIDAK MAMPU MENG-HAFIZ ALKITAB INJIL..??? _/\/ * KINI KEBENARAN AL QUR’AN TERUNGKAP..?!? BUKTI NYATA.. !!! AYAT2 ALKITAB KRISTEN TIDAK MAMPU MENGUSAI JINN DAN SETAN..??? TAPI MUKJIDZAT AYAT2 AL QUR’AN MAMPU MENGUSAI DAN MENGISLAMKAN JINN KAFIR., SEBAGAIMANA UST ERI ABDUL ROHIM MENG ISLAMKAN RAJA JINN KAFIR SERTA PENGIKUT PENGIKUT NYA..?!? SEPERTI DI WEBSITES: —>
        www. eriabdulrohim. com

      • PENGGONCANG says:

        @Jihan : ALLAH ADALAH ALLAH, TUHAN DALAM BAHASA ARAB ADALAH ROBB…LOL TOLOL…
        TUHAN ADALAH SESEMBAHAN, DAN APAPUN BISA DI JADIKAN TUHAN TERMASUK YESUS LO YANG LO JADIKAN TUHAN…., FAHAM LOL….?
        ALLAH ADALAH NAMA PENCIPTA SEGALA BENTUK APAPUN, DAN ALLAH ADALAH TUHANNYA SEGALA SESUATU…., TIDAK ADA TUHAN LAIN KECUALI HANYA ALLAH YANG MENGUASAI SEGALANYA.., FAHAM LOL….?,

  17. islamagamajin says:

    “TAPI MUKJIDZAT AYAT2 AL QUR’AN MAMPU MENGUSAI DAN MENGISLAMKAN JINN KAFIR., SEBAGAIMANA UST ERI ABDUL ROHIM MENG ISLAMKAN RAJA JINN KAFIR”

    YA NYATALAH anda benar sekali KARENA MENURUT SALMAN RUSDI “ALQURAN TERDIRI DARI AYAT-AYAT SETAN” SETAN YANG JADI AWLLOH DAN MENURUT HADIST MUHAMMAD BANYAK MENGUTIF WAHYU SETAN DIJADIKAN DALAM WAHYU ALQURAN MAKANYA TERDAPAT SURAH AL-JIN. MAKANYA TIDAK HERAN BILA ANDA MENGKLIM ALQURAN PENANGKAL JIN KARENA ALQURAN DAN JIN SAMA-SAMA SETAN.

    • insanusirihi says:

      KAMU TAK PERLU NGOMONG BANYAK LOL..?!
      KALO AYAT2 ALKITAB KRISTEN TIDAK MAMPU MENGATASI JINN DAN HANTU SETAN.?
      HMMHHH… LEBIH BAIK KAMU BUANG ALKITAB DALAM TONG SAMPAH..?!? HAH HAH HAH..?!?

    • insanusirihi says:

      ISLAM ITU AGAMA JINN DAN MANUSIA., DAN BUKAN AGAMA YESUS KRISTUS ANAK TU/HANTU PAGAN YUNANI/ROMAWI..?!? TERNYATA UMAT KRISTEN (LAI) LEMBAGA 👹 ALKITAB IBLIS..?!? Ha ha ha ha..

      • islamagamajin says:

        insanusirihi says:
        “ISLAM ITU AGAMA JINN DAN MANUSIA., DAN BUKAN AGAMA YESUS KRISTUS”
        karena Yesus Kristus tidak membawa agama. Hanya Awlloh Islam, pagan Qurasy yg membawa agama, islam adalah agama awlloh, islam penyembah batu dzat vagina Hajaraswat. penyembah Jinn gua Hira, islam adalah hasil praktek tapa brata Muhammad digua Hira praktek perdukunan muhammad, makanya quran perlu dihapal sebagai mantera pengusir setan, makanya setannya lari terbirit-birit, ntar datang lagi, baca lagi lari lagi dst.

        menurut Salman Rusdi dan orang yg paham dan ahli alquran, quran itu terdiri dari ayat-ayat setan dan merupakan wahyu Jin kepada muhammad saw, makanya didalam quran ada surah Al Jinn. waujubilahminjalik, mengapa kau muhammad menyesatkan manusia, pantas saja waktu Fatimah bertanya kepada Muhammad, Muhammad berkata sayapun tidak masuk surga dan dimasukan dalam neraka jahanan lebih dahulu.

        bagaimana bro, betulkan!! itu nyata dan benar dalam kehidupan islam sehari-hari

      • insanusirihi says:

        islamagamajindanmanusia..!
        “Tidaklah Kuciptakan Jin dan Manusia, Supaya Mereka beribadah kepada- Ku” (Q.s.Adz Dzariyat:56)
        _/\/* Hanya kristenagamajinyangbertopengkanmanusia ingkar/ kafir terhadap islamagamajindanmanusia.

      • insanusirihi says:

        SETAUNYA IBU NYA SALMAN RUSHDI YANG BERNAMATA VANITA SEMSASA REMAJA NYA ADALAH SEORANG PENARI.. HEHE.. VANITA MENCARI UPAHAN BERLEBIHAN ATAS DASAR ARAHAN GOVERNUR BOMBAI., SUPAYA VANITA MEMBIKIN FITNAH TERHADAP ISLAM DAN HINDU SUPAYA BERMUSUHAN.?! SEUSIA 13 TAHUN NYA SALMAN RUSHDI PERNAH DI TANGKAPI OLEH POLISI.?! SELANJUTNYA DI SEKOLAH INGGERIS, RUSHDI DAN UMAR JATUH CINTA SEJENIS NYA.?! IBU ROZA GURUNYA KETAHUAN., DI KASITAU AYAHNYA UMAR DI KEMBALIKAN KE MESIR..?! UMAR BUNUH DIRI DASAR CINTA GAY.. HAY HAY..! SALMAN BALAS DENDAM TERHADAP AJARAN ISLAM, KERNA AJARAN ISLAM GAK BISA KAWIN DENGAN SEJENIS NYA..?! _/\/* GRUP VIKING DARI SEORANG YAHUDI MENGUPAH 850 RIBU POUNDS KEPADA SALMAN RUSHDI., UNTUK MENGARANG SEBUAH BUKU ” THE SATANIC VERSUS, ALIAS AYAT2 SETAN DI DALAM AL QURAN, UNTUK MEMFITNAH MUHAMMAD PENDIRI ISLAM..?!? _/\/* JADI AKU TAK PERLU HERAN DENGAN FITNAH BASI KAUM KRISTEN LEMBAGA ALKITAB IBLIS {LAI}..?!?

      • insanusirihi says:

        Kebenaran Pendita belajar Islam untuk menghancurkan orang2 Islam ternyata Di »»»»»

  18. adkemt says:

    hiihiihihi.,. main ludo aja kita yuk…. bukan tugas kita debat masalah agama. kita cuma ada didunia maya. kalo mau berteman berantem,debat, atau nyari jodoh. mendingan ngumpul bareng…:-D

    • insanusirihi says:

      Agama tak perlu Di perdebatkan? Kerna semua pendiri Agama mengajarkan manusia supaya ia berperikemanusiaan..! Tapi kebenaran Al Quran itu sudah terungkap oleh musuh Islam itu sendiri yang bernama Ex – Mantan Pendita Kristen yang bernama Dr Yahya Waloni yang mempelajari Islam untuk menghancurkan Islam., yang akhir nya beliau menjadi Penegak Islam untuk menentang Islam dari golongan orang2 muslim munafik yang bertopengkan Islam..??? Ceramah beliau amat luar biasa sekali..?!? Sila pantau di websisites beliau di youtube » DR USTAZ MUHAMMAD YAHYA WALONI, Semoga kalian mendapat petunjuk yang sebenar2 nya..?!?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s